2016/05/18

Mengenal Utaite

Kali ini aku akan membahas mengenai Utaite. Apa sih utaite (歌い手) itu? Jadi utaite itu artinya adalah penyanyi. Tetapi utaite yang dimaksud di sini adalah penyanyi yang biasanya masih mengcover lagu-lagu dan diuploadnya di sebuah situs bernama Nico Nico Douga. Tapi rata-rata yang mereka cover adalah lagu-lagu dari vocaloid.

Setelah ditelusuri, sangat banyak utaite di Jepang. Setiap saat pasti akan bermunculan utaite yang baru. Jadi utaite tersebut jika cukup dikenal biasanya akan ditawarkan oleh para produser yang biasa membuat lagu-lagu vocaloid untuk bekerjasama membuat album kolaborasi dengan utaite yang lainnya. Setah itu biasanya mereka akan membuat mini album, atau album masing-masing. Mereka selain aktif mengupload coveran lagu, biasanya mereka juga melakukan streaming dimana mereka menyapa para fansnya secara live di Nico Nico Douga tersebut dengan jadwal streaming yang ditentukan. Yang mereka lakukan biasanya mengobrol menjawab komentar para fans ataupun bernyanyi atau sambil memainkan alat musik walaupun biasanya hanya menampilkan audionya saja.

Utaite tidak menampakkan wajahnya. Mereka hanya bernyanyi menjual suara tanpa memperlihatkan wajahnya. Bisa dibilang mereka penyanyi yang misterius dan membuat para pendengar penasaran. Tetapi mereka terkadang akan tetap memosting foto mereka walaupun di foto itu wajah mereka ditutupi atau tidak diperlihatkan dengan jelas. Aku rasa ini sistem kerja yang baik dimana para utaite ini benar-benar hanya menjual suara mereka saja tidak dengan wajah mereka. Tapi tetap saja jika memiliki paras yang tampan atau cantik pasti akan mendapatkan nilai tambahnya tersendiri.

Utaite bisa kok jadi penyanyi profesional seperti penyanyi pada umumnya. Mereka tetap akan menampakkan wajah mereka setelah itu tanpa ragu-ragu lagi. Contohnya seperti Piko, Sekihan, Gero, Tomohisa Sako yang sebelumnya saat menjadi utaite dikenal dengan nama ShounenT. Lalu Amatsuki yang lagu dari single major pertamanya pun pernah dijadikan soundtrack drama "Minami-kun no Koibito". Ryo-kun yang berkolaborasi dengan produser 164 membentuk sebuah band bernama EQUAL. Kalau grup utaite yang sudah menjadi penyanyi profesional yaitu √5 (Root Five) atau yang biasa aku sebut akar lima terdiri dari 5 anggota bernama Dasoku, Pokota, koma'n, Mi-chan dan Kettaro. Sedangkan Utaite wanita yang telah menjadi penyanyi profesional yaitu Valshe dan Nano.

Gero

Tomohisa Sako
Amatsuki

√5 (Root Five)
Valshe
Nano

Banyak juga dari mereka yang berkolaborasi satu sama lainnya dengan nama yang biasanya gabungan dari nama mereka. Misalkan seperti Soraru dan Mafumafu disebut SoraMafu, Soraru dan Lon disebut SoraLon, clear dan nero menjadi cleanero dan masih banyak lagi lainnya. Kalau grup selain akar lima tadi yaitu COF (Circle of Friends) dimana anggotanya sangat banyak terdiri dari belasan orang yang kadang bertambah ataupun berkurang (Amatsuki, Soraru, Ryo-kun, Ryo-kun, Aho no Sakata, Natsushiro Takaaki, Mafumafu, nero, Itou Kashitarou, Hashiyan, Kony, un:c, kradness, Yuuto, Yurin, Rib, Rumdarjun, Wanko), lalu ROC (Riot of Color) yang terdiri dari 5 anggota yaitu Natsushiro Takaaki, Yurin, KK, S!N, Eve dan kradness. USSS (UraShimaSakataSen) yang terdiri dari Uratanuki, Shima, Aho no Sakata dan Senra. Sei Smiley Gakuen terdiri dari beberapa unit yaitu Smiley*2G (ShounenT, Kettaro, Mi-chan, Rumdarjun, Mucchi, YU, vipTenchou, Kogeinu) dan Smiley*2GS (Hashiyan, Amatsuki, Kony, Itou Kashitarou, Aho no Sakata, Yuuto).
Circle of Friends
USSS
Riot of Color
Smiley*2G

Smiley*2GS

Kita bisa lihat kalau utaite itu menjadi terkenal karena memiliki suara yang unik dan rajin upload juga. Jika kalian pandai menyanyi dan memiliki suara yang unik, bisa kalian coba covering lagu vocaloid lalu menguploadnya di kedua situs tersebut atau kalian juga bisa menguploadnya di SoundCloud. Siapa tau saja kalian memiliki banyak fans setelah itu. hehe..

2 comments: